menghitung hambatan resistor

Cara Menghitung Nilai Hambatan Resistor 


Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat atau membatasi aliran listrik yang mengalir dalam suatu rangkain elektronika. Selain itu juga pada sebuah rangkaian resistor juga bisa difungsikan untuk menurunkan tegangan sesuai yang diinginkan atau  membagi tegangan sesuai yang diperlukan dalam sebuah rangkain. Komponen resistor merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah rangkaian elektronika karena hampir semua rangkaian elektronika pasti menggunakan komponen resistor. 
Berikut ini penjelasan mengenai kode warna pada komponen resistor. Resistor dengan 4 warna  Warna pada gelang 1 dan 2 menunjukkan koefisien nilai, untuk gelang 3 sebagai pengali (multiplier), dan gelang 4 sebagai ambang batas toleransi. Resistor dengan 5 warna   Warna pada gelang 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, gelang 4 sebagai pengali (multiplier), dan untuk gelang ke-5 sebagai ambang batas toleransi. Resistor dengan 6 warna   Warna gelang 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, gelang 4 sebagai pengali (multiplier), dan gelang ke-5 sebagai ambang batas toleransi sedangkan untuk gelang ke-6 menunjukan koefisien suhu. Berdasarkan warna gelang maka bisa ditentukan berapa nilai resistor sebenarnya. Pada dasarnya akan dibutuhkan minimal 2 buah gelang terakhir untuk pengali dan toleransi serta  koefisien suhu khusus untuk 6 warna. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel sebagai berikut ini. 
Cara Menghitung Nilai Hambatan Resistor 4, 5, dan 6 Warna
Adapun untuk nilai yang dimiliki pada setiap gelang warna pada resistor, bisa dilihat pada tabel berikut ini. 
Cara Menghitung Nilai Hambatan Resistor 4, 5, dan 6 Warna
Bila gelang warna berfungsi sebagai multiplier atau pengali, maka nilainya adalah 10 pangkat angka nilai gelang yang dimiliki. Misalnya gelang hitam = 0, sebagai multiplier nilainya adalah 100 = 1. Gelang merah = 2, sebagai multiplier nilainya adalah 102 = 100. gelang orang =3, sebagai multiplier nilainya adalah 103, dst. Untuk lebih mudah mengingatnya kita bisa mengunakan cara ini. Misalnya gelang merah nilainya 2 kita asumsikan 00 ( angka 0 nya ada 2 ), kalau  gelang hijau nilainya 5 berarti jumlah 0 nya ada 5 (00000), nanti tinggal tambahkan dengan angka sebelumnya misalnya : warna gelang resistor : merah, coklat, orange merah = 2 coklat = 1 orange = 3 karena berfungsi sebagai pengali maka kita tulis 000 jadi nilai resistor adalah : 21000 ohm atau 21k ohm. Untuk lebih jelasnya bagaimana gelang-gelang warna memberikan maksud berapa nilai sebuah resistor, kita bisa pehatikan beberapa contoh penghitungan nilai resistor mulai dari 4 warna, 5 warna dan 6 warna.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara menghitung resistor 4,5,6 warna dengan mudah